Selasa, 27 Juli 2010

CARA MENGATUR KEUANGAN RUMAH TANGGA




Sebanyak apapun uang yang kita miliki, jika kita tidak mengelolanya dengan baik, pasti akan cepat habis. Begitu juga sekecil apapun uang yang kita miliki, jika kita tidak mengelolanya dengan baik, maka akan cepat habis juga. Kedua hal tersebut sama-sama membutuhkan sentuhan terampil dari si pemilik uang.
Coba kita bayangkan, jika kita mempunyai uang sebesar Rp. 100.000, kita tak mengelolanya dengan baik, tidak mengatur alur pengeluaran uang kita sehari-hari, dalam beberapa menit saja uang Rp. 100.000 tersebut bisa cepat habis. Begitu juga kita bayangkan jika kita hanya memiliki uang Rp. 10.000, jika kita tak mengelolanya dengan baik, maka akan cepat habis juga. Jadi sebenarnya berapapun uang yang kita miliki, besar atau kecil, jika kita sudah mengelolanya dengan baik, maka berapapun uangyang kita miliki –InsyaAllah- tidak akan cepat habis.
Disini akan Saya bahas mengenai tips mengatur keuangan, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang boros menggunakan uang(maaf, bagi yang terasa tersindir jangan marah…:p).

Rencanakan Dana Pendidikan Anak
Pentingnya kebutuhan pendidikan menjadi hal yang tak bisa ditawar-tawar. Karena, itu adalah kebutuhan masa depan anak-anak kita. Selangkah kita menunda pendidikan bagi mereka, berpuluh langkah mereka akan tertinggal dan kesulitan menghadapi persaingan di masa depan.
Pertimbangkan dengan Masak
Selalu pertimbangkan apa yang memang harus Anda beli saat ini, dan apa yang tidak harus Anda beli. Sistem perekonomian mana pun akan hancur, apabila keluar masuknya uang selalu mengalir tanpa pertimbangan yang matang, dari pemegang saham atau pengelola keuangan.
Buatlah Laporan Keuangan Personal
Keuangan personal berkaitan erat dengan kebiasaan Anda bertingkah laku dengan uang. Saat ini telah banyak anak-anak yang telah difasilitasi kartu kredit oleh orang tuanya. Mereka dengan seenaknya menggunakan itu tanpa merasa terbebani tanggung jawab. Kebiasaaan ini akan berakibat, anak tidak bisa mandiri. Untuk itu, ajarilah mereka membuat pertanggungjawaban atau laporan keuangan personal setiap anggota keluarga.
·         Catatlah Pengeluaran Wajib Setiap Bulan
Semua pengeluaran wajib, kita tulis sedetail-detailnya, tapi kalo pengeluaran beli permen seharga Rp.50, ga perlu ditulis dech-. Jadi selama sebulan kita harus hapal dengan kebutuhan rutin kita, hafalkan harga-harga kebutuhan rutin kita, setelah semua sudah kita ketahui, tinggal kita jumlahkan semua pengeluaran kita selama sebulan. Jadi kita bakal hafal pengeluaran rutin kita setiap bulan, bulan berikutnya ya pengeluaran rutinnya segitu juga. Saya Ambil contoh:
 Untuk pengeluaran Rumah Tangga(bagi yang sudah berumah tangga):
 Dalam 1 bulan, harga-harga kebutuhan rutin Sbb:
Beras 10 Kg                             Rp. 44.000
Minyak goreng 1 liter                Rp. 9.000
Minyak tanah 10 liter                Rp. 27.000
Listrik                                       Rp.60.000
Pulsa                                        Rp.30.000
                                                _________
                                    Total    Rp.175.000
Harus selalu diingat, bahwa pengeluaran wajib kita di setiap bulan adalah Rp. 175.000.
 Untuk pengeluaran Mahasiswi/Mahasiswa:
 Makan                                     Rp. 300.000
Listrik                                       Rp. 20.000
Pulsa                                        Rp. 30.000
                                                _________
                                    Total    Rp. 350.000
Harus selalu diingat bahwa pengeluaran wajib kita di setiap bulan adalah Rp. 350.000.
 Untuk pengeluaran Pelajar:
           
            Transportasi                             Rp.120.000
            Jajan                                        Rp.150.000
                                                            _________
                                                Total    Rp. 270.000
            Harus selalu diingat bahwa pengeluaran wajib di setiap bulan adalah Rp. 270.000.
           
·         Catatlah Pengeluaran Tidak Wajib Setiap Bulan
Kenapa disebut pengeluaran tidak wajib? Karena, bukan pengeluaran kebutuhan pokok. Jadi kalo uang kiriman dari ortu kita ga dikirim full(karena ortu lagi ga punya uang), ya kita memakai uangya kita gunakan dulu untuk kebutuhan pokok/wajib, untuk kebutuhan yang tidak wajib di stop dulu.
            Contoh :
Untuk pengeluaran Rumah Tangga(bagi yang sudah berumah tangga):

Dalam 1 bulan, harga-harga kebutuhan tidak wajib:
Makanan cemilan                      Rp. 25.000
Perawatan rumah                      Rp. 20.000
Service kendaraan                    Rp. 35.000
                                                _________
                                    Total    Rp.80.000
Pengeluaran tidak wajib kita di setiap bulan adalah Rp. 80.000.
 Untuk pengeluaran Mahasiswi/Mahasiswa:

Make Up                                 Rp. 25.000
Warnet                                     Rp. 12.000
                                                _________
                                    Total    Rp. 37.000
Pengeluaran tidak wajib kita di setiap bulan adalah Rp. 37.000.
 Untuk pengeluaran Pelajar:
           
            Warnet                                     Rp.12.000
                                                            _________
                                                Total    Rp. 12.000
·         Simpanlah Uang Di Tempat yang Berbeda (Sesuai Pengelompokkan Kebutuhan)
Mengapa disimpan di tempat yang terpisah?, ini bisa memudahkan kita dalam mengontrol sisa uang yang kita pakai. Misalnya kita simpan uang pengeluaran wajib kita ke dalam dompet berwarna ungu, kemudian kita masukkan uang pengeluaran tidak wajib kita ke dalam dompet yang berwarna kuning. Nah kita ingat-ingat sendiri, ketika kita mau membeli sesuatu yang pokok, maka kita harus mengambil uang di dompet berwarna ungu, jangan mengambil di dompet berwarna kuning. Apabila ternyata uang di dalem dompet ungu(dompet untuk biaya wajib) kita ga ada yang receh, trus kita ambil di dalam dompet warna kuning (dompet untuk biaya tidak wajib), maka hitunglah itu sebagai hutang kita. Ketika kita sudah mempunyai receh, maka kita bayar hutang ke dompet warna kuning(dompet untuk biaya tidak wajib).

Lihatlah, jika kita mempunyai uang banyak, prioritaskan untuk yang wajib, nah masih punya banyak sisa kan…?, sisanya  bisa ditabung. Tapi jangan bersedih bagi yang uangnya tidak sisa, Alhamdulillah kan kebutuhan wajibnya bisa tercukupi….:).
Nah, gimana…?mudah kan cara mengatur uang…?, asal kita disiplin dengan diri sendiri dalam menggunakan uang. Jangan sampai kita menghambur-hamburkan uang. Bagi yang sudah berumah tangga, ingatlah, uang hasil jerih payah suami kita bekerja setiap hari adalah amanah dari suami, jadi kita harus menggunakannya sebaik-baiknya. Bagi yang belum berumah tangga, selalu ingat, uang tersebut adalah amanah dari orang tua kita, beliau jauh dari kita, tetapi mereka selalu memberikan uang kepada kita, jadi gunakanlah sebaik-baiknya, karna orang tua kita bekerja setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kita.

Budayakan Menabung
Aktivitas menabung bukanlah hal mudah bagi mereka yang terbiasa hidup dengan keborosan dan hura-hura. Padahal, akan banyak hal yang tak terduga bisa terjadi dalam rumah tangga. Bila menabung telah menjadi suatu kebiasaan, maka otomatis rencana apa pun yang Anda buat dapat lebih mudah terealisasikan.
Berkonsultasilah
Konsultasi dalam suatu rumah tangga bukan berarti kita harus pergi ke psikolog. Tapi bicarakan berdua (dengan pasangan Anda) segala sesuatu mengenai kebutuhan dan keuangan keluarga, lakukan pembagian yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman. Buatlah laporan harian yang menunjukkan semua keperluan dan pengeluaran Anda, bicarakan apa yang harus Anda lakukan bila terjadi kekurangan.

1 komentar:

  1. ANDA BUTUH DANA TUNAI 2 HINGGA 200 JUTA,PROSES CEPAT BUNGA MULAI 0,72% PERTAHUN,CUKUP JAMINKAN BPKB MOBIL,TRUCK,TRAVEL,JEEP,SEDAN,PICK UP,COLT MULAI TAHUN 90 KE ATAS LEASING RESMI BPKAB AMAN DAN TERJAMIN,PERSYARATAN BAWA FOTOCOPY NYA KTP,KK,REK LISTRIK,STNK,BPKB
    VIA SMS 085229348635 DAN 085876764880 RULLY
    KANTOR CITRA MANDIRI MULTI FINANCE Jl Puri Anjasmoro Bl F-12, Semarang , Jawa Tengah, 50144, Indonesia ( herbalmodern.blogspot.com )

    BalasHapus